dan terhadap nikmat Tuhan-Mu, maka hendaklah kamu sebarkan.

Pelatihan Microsoft Project Pro digabungkan dengan Project Online pada Office 365 dilaksanakan di Poverty Reduction Support Facility di Jakarta. Pelatihan ini memperkenalkan apa itu Microsoft Project dan menggunakan Project Online pada Office 365. Mempelajari bagaimana cara menggunakan Microsoft Project 2013 sebagai alat didalam mengelola sebuah proyek secara offline dan online,  dalam arti bahwa masing-masing peserta dapat menjadi seorang Project Manager yang membuat, merencanakan, memperbaharui, melakukan pelacakan terhadap tugas-tugas yang dijalankan, sampai akhirnya menyelesaikan proyek tersebut, atau hanya sebagai Team Member yang memperbaharui status dari tugas yang diberikan kepadanya.

Pelaksanaan pelatihan ini terbagi ke dalam 2 sesi, setiap sesi dilaksanakan selama 2 hari. Setelah pelatihan ini selesai, diharapkan peserta dapat memahami bagaimana menggunakan Microsoft Project, karena selama ini masih menggunakan Microsoft Excel sebagai perangkat lunak uang digunakan sehari-hari.

Foto1

Penggunaan Microsoft Project secara offline, peserta menggunakan Microsoft Project untuk membuat sebuah proyek. Dimulai dari menentukan awal/akhir dari sebuah proyek, memasukkan tugas-tugas ke dalam Gantt Chart, menentukan durasi dari tiap-tiap tugas, menghubungkan satu tugas dengan tugas lainnya, membuat sumber daya yang bekerja pada proyek tersebut, dan memberikan penugasan kepada sumber daya terhadap sebuah tugas.

Penggunaan Office 365 Project Online, peserta hanya mencoba bagaimana membuka sebuah penugasan yang diberikan oleh seorang Project Manager kepada dirinya, untuk dilaksanakan, selanjutnya adalah bagaimana memperbaharui status dari tugas tersebut.

Ada beberapa pertimbangan ketika menggunakan Microsoft Project secara offline atau Project Online. Kebutuhan ini menentukan apakah setiap orang menjadi Project Manager atau hanya menjadi Team Member saja dari sebuah Project. Selain itu, apakah kemudahan akses pada project Online, memastikan bahwa Team Member dapat dengan mudah untuk memperbaharui status dari penugasan yang diberikan kepada dirinya.

Kemudahan akses dengan menggunakan Project Online menjadi pertimbangan lain, ketika bekerja dengan banyak Team Member, pembaruan dari status tiap tugas dapat langsung diketahui. Sehingga akan memudahkan bagi seorang Project Manager dalam mengambil keputusan.

Foto 2

Masih banyak pengguna komputer yang masih menggunakan Microsoft Excel untuk mencatat sebuah proyek, padahal dengan adanya Microsoft Project, akan memudahkan bagi para pengguna dalam mengelola proyek yang mereka tangani.

 

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: