dan terhadap nikmat Tuhan-Mu, maka hendaklah kamu sebarkan.

Pembaruan Ujian MOS 2013

Bagi teman-teman yang sudah mencoba untuk mengambil ujian MOS 2013, akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan perintah yang diminta oleh pernyataan-pernyataan yang diberikan.

Certiport.com selaku penyedia layanan ujian MOS, melakukan pembaruan terhadap model dari tampilan dari soal-soalnya. Efektif per tanggal 18 September 2014, sudah dilakukan perubahan dari tampilan soal untuk MOS 2013.

Pembaruan ini berlaku untuk ujian MOS, yaitu:

  • 77-418: MOS Word 2013 Core
  • 77-420: MOS Excel 2013 Core
  • 77-422: MOS PowerPoint 2013
  • 77-424: MOS Access 2013
  • 77-425: MOS Word 2013 Expert Part 1
  • 77-426: MOS Word 2013 Expert Part 2
  • 77-427: MOS Excel 2013 Expert Part 1
  • 77-428: MOS Excel 2013 Expert Part 2

Fasilitas baru yang terdapat dalam pembaruan ini adalah format dari ujian yang semakin dimudahkan dalam melakukan navigasi pada soal yang diberikan. Pada format soal yang sebelumnya, peserta dipusingkan dengan format 4 window, yaitu Application Window, Instruction Window, References Window, dan Resources Window. Bentuk dari format soal sebelum diperbaharui dapat dilihat pada gambar berikut.

2013 2

Format baru yang sudah diperbaharui, meminimalisir jumlah window yang tampil, sehingga hanya 2 window yang ditampilkan, yaitu Application Window dan Instruction Window saja. References window berada didalam Instruction Window, sementara Resources window dihilangkan. Format soal baru dapat dilihat pada gambar berikut.

2013 1

Pada Instruction Window diberikan tab baru, didalamnya ada Instructions Tab dan Reference Image Tab. Ini mempermudah peserta untuk melihat kebutuhan yang mereka inginkan, dibanding ketika mereka harus membuka 2 window yang terpisah, seperti pada format 4 window.

2013 3

Navigation Path yang baru juga diperkenalkan dalam pembaruan ini. Setiap perintah yang diminta untuk diselesaikan ditempatkan di sebelah kiri dari Instruction Window. Setiap perintah tersebut dihubungkan ke tiap instruksi detail. Pemberian tanda ceklis juga tetap ada, berada di sebelah kiri dari detail setiap perintah.

2013 4

Pada pembaruan ini juga diperkenalkan bentuk dari soal yang memudahkan peserta unutk melakukan atau menjawab soal yang diminta.

Terdapat 3 level pendekatan yang diberikan dalam format baru ini, yaitu

  1. Level 1: menampilkan overview dari soal (ditampilkan dalam warna biru tua)
  2. Level 2: menampilkan lokasi dimana pada dokumen peserta harus menjawab pertanyaannya (ditampilkan dalam warna biru muda)
  3. Level 3: menampilkan detail tugas yang harus dilakukan (ditampilkan dalam warna biru terang)

2013 5

Demikian pembaruan yang dilakukan pada Ujian MOS 2013, setelah meminta masukan dan pendapat dari para pengguna, certiport melakukan perubahan ini. Diharapkan dengan adanya pembaruan ini membuat peserta dapat lebih mudah dalam menjawab soal, tidak dipusingkan dengan tampilan window yang banyak.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: