dan terhadap nikmat Tuhan-Mu, maka hendaklah kamu sebarkan.

Slicer adalah fasilitas yang digunakan untuk menyaring data, menampilkan data yang diinginkan dan menyembunyikan data yang tidak diinginkan. Secara garis besar kegunaan sebuah slicer sama dengan fasilitas Filter. Pertama kali Slicer diperkenalkan pada excel 2010, penggunaan slicer hanya dapat digunakan untuk menyaring data pada sebuah PivotTable, sedangkan pada Excel 2013, penggunaan Slicer ditingkatkan, yaitu dapat digunakan untuk menyaring data pada sebuah table, sebuah PivotTable, PivotChart.

Berbeda dengan filter, sebuah slicer tidak dapat melakukan penyaringan data berdasar kondisi tertentu, seperti greater than, less than, equal, dan lain-lainnya.

Seperti pada gambar berikut ini, merupakan contoh dari penggunaan sebuah Filter. Dalam contoh di bawah, ini memilih tombol Drop down box dari Modem.

1

Slicer akan menampilkan data dari masing-masing field. Berikut adalah contoh dari penggunaan sebuah Slicer. Tergantung berapa banyak field yang dimiliki, anda dapat memunculkan semua field-field itu, atau hanya menampilkan field-field tertentu. Pada contoh berikut, semua field ditampilkan.

2

Membuat Slicer

Sebagai contoh dapat menggunakan data seperti gambar di bawah ini.

3

Untuk membuat sebuah Slicer, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Tempatkan kursor pada salah satu cell di dalam tabel tersebut.
  2. Selanjutnya gunakan Format as Table pada tabel tersebut. (Untuk mengetahui cara membuat sebuah Format as Table, lihat Menggunakan Format as Table Excel 2010, pada tulisan lain di blog ini).
  1. Lalu klik tab Insert, pada group Filters, klik Slicer.
  2. Akan muncul kotak dialog Insert Slicer. Lalu pilih field-field mana yang akan digunakan untuk menyaring data. Sebagai contoh beri centang pada semua field tersebut, lalu klik OK.
  3. Lalu atur penempatan dari masing-masing slicer yang muncul.

Menggunakan Slicer

Untuk dapat menggunakan sebuah slicer, anda dapat langsung memilih pada satu data dari field-field slicer yang muncul.

Sebagai contoh, misalnya pada slicer field Bulan, klik Jan-14. Akan ditampilkan penyaringan data dari tabel excel anda seperti gambar berikut.

4

Untuk menghilangkan hasil penyaringan tersebut, klik  X merah pada field-field yang telah dipilih untuk diberikan penyaringan data atau dapat menggunakan kombinasi Alt+C.

Menghapus Slicer

Klik kanan dimana saja dari sebuah Slicer, lalu klik Remove “nama_field”.

Dalam contoh ini jika anda ingin mengapus slicer dari field bulan, maka klik Remove “Bulan”, dan nama-nama field yang lainnya sesuai keinginan anda.

Pemilihan penggunaan fasilitas penyaring data dari sebuah table yang anda miliki, akan memudahkan dalam melakukan penyaringan data. Anda dapat menggunakan fasilitas Filter atau menggunakan fasilitas Slicer ini.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar