dan terhadap nikmat Tuhan-Mu, maka hendaklah kamu sebarkan.

Pengelolaan email pada inbox di Outlook 2013.

Quick Steps adalah fasilitas yang sudah diperkenalkan dan digunakan dari Outlook 2010. Kegunaan dari fasilitas ini adalah membantu dengan cepat pengguna dalam mengelola mailboxnya.

Pengguna dapat dengan cepat untuk memindahkan sebuah email ke folder tertentu, atau dengan cepat melakukan reply email kepada pengirim email.

Perintah-perintah pada quick step terdapat pada tab Home, pada group Quick Steps.

Berikut adalah beberapa default dari fasilitas quick step.

  1. Move To: Memindahkan email yang terpilih ke sebuah folder yang anda tentukan dan menandai email tersebut sebagai mark as read. (anda dapat menentukan secara langsung folder yang dituju).
  2. Team Email: Forward email ke pengguna pada tim anda. Jika menggunakan Exchange Server, secara otomatis nama tim akan muncul.
  3. Reply & Delete: Akan membuka email tersebut, lalu Reply dan akan menghilangkan email aslinya.
  4. To Manager: Forward email kepada manajer anda. Jika menggunakan Exchange Server, secara otomatis nama manajer pengguna akan muncul.
  5. Done: memindahkan email terpilih ke sebuah folder tertentu, menandai sebagai email yang Complete dan menandai sebagai Mark as Read.
  6. Create New: membuat sebuah quick step sendiri, sesuai keinginan anda.

Menggunakan Quick Step

Sebagai contoh berikut menggunakan quick step dengan fasilitas Done dari quick step

  1. Pilih sebuah email dari inbox
  2. Pada tab Home, group Quick Step, klik Done.

Email tersebut akan pindah pada folder tertentu, lalu menandai email tersebut dengan Complete, dan menandai sebagai Mark as Read.

Catatan. Pastikan anda sudah membuat atau memiliki sebuah folder.

Membuat kriteria baru Quick Step

Pada contoh berikut, membuat sebuah quick step baru dengan kriteria Reply email tersebut, memberikan Follow Up Today, memberikan warna Category.

  1. Pada tab Home, group Quick Step, klk Create New.
  2. Pada kotak dialog Edit Quick Step, berikan nama untuk quick step baru tersebut pada kotak di bawah Name: (anda dapat menggunakan nama default nya)
  3. Pada Action pertama, pilih panah drop down di sebelah kanan, lalu pada bagian Respond, pilih Reply. Lalu klik Add action untuk menambahkan kriteria lain.
  4. Pada Action kedua, pilih panah drop down di sebelah kanan, lalu pada bagian Categories, Tasks and Flags, pilih Flag Message. Lalu pada Choose flag, pilih Today. Klik Add action.
  5. Pada Action ketiga, pilih panah drop down di sebelah kanan, lalu pada bagian Categories, Tasks and Flags, pilih Categorize Message. Lalu pada Choose category, pilih Blue Category.
  6. Klik Finish.

 

Sekarang anda sudah memilik quick step baru sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Anda dapat mencobanya untuk diterapkan pada sebuah email.

Setelah anda membuat quick step baru, maka nama quick step baru tersebut akan muncul Ribbon Outlook anda.

Untuk kriteria lainnya anda dapat mencobanya lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Comments on: "Mengelola inbox dengan Quick Steps pada Outlook 2013" (2)

  1. Nice tutor bro.. Keep share..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: