dan terhadap nikmat Tuhan-Mu, maka hendaklah kamu sebarkan.

Sebagai seorang teknisi, seorang administrator server, atau sebagai sebuah network administrator, anda akan berhadapan dengan masalah-masalah yang ada. Beberapa masalah memiliki penyelesaian yang jelas dan mudah untuk diperbaiki/diselesaikan. Banyak masalah yang harus dicermati terlebih dahulu dengan mengikuti metodologi pemecahan masalah untuk secara efisien menyelesaikan sebuah masalah.

Ada 2 metode ketika anda akan melakukan pemecahan masalah dan mencoba menyelesaikannya, yaitu: Specific approach dan systematic approach.

  • Specific approach umumnya digunakan ketika anda mendapati masalah dan anda sudah mengetahui apa yang harus anda lakukan. Dalam arti masalah ini tidak memerlukan langkah penyelesaian yang panjang, atau melakukan penyelidikan terlebih dahulu terhadap masalah tersebut, dan sedikit penelitian untuk menyelesaikannya. Tentu saja, jika anda menghadapai masalah yang sama berulang kali, anda harus melakukan penyelidikan untuk secara permanen menyelesaikan dan memperbaiki masalah tersebut .
  • Systematic approach adalah pendekatan masalah yang lebih formal. Alasan-alasan yang digunakan untuk secara efektif menyelesaikan masalah adalah untuk mengurangi waktu yang diperlukan terhadap pemecahan dan perbaikan masalah sehingga tepat waktu penyelesainnya.

Para engineer Microsoft Product Support Service menggunakan apa yang disebut “detect method” yang terdiri dari 6 langkah berikut:

  1. Discover the problem: Mengidentifikasi dan melihat dokumen symptoms (gejala masalah), dan mencari informasi termasuk mencari pada artikel Microsoft Knowledge Base (KB) untuk menentukan apakah masalah ini dikenali atau tidak.
  2. Evaluate system configuration: bertanya ke pengguna atau pelanggan anda dan mengecek dokumentasi untuk menentukan apakan ada perubahan/penambahan perangkat keras, perangkat lunak, atau perubahan jaringan yang dibuat termasuk jika ada penambahan alat. Juga memeriksa catatan (Logs) pada Event Viewer.
  3. List or track possible solutions and try to isolate the problem by removing or disabling hardware or software components: anda mungkin akan memebuka catatan (log) tambahan atau menjalankan program pendiagnosa masalah untuk mengumpulkan informasi lebih banyak dan melakukan test pada komponen.
  4. Excute a plan: melakukan test terhadap solusi yang potensial dan rencana yang sudah anda buat jika ternyata solusi tersebut tidak berjalan atau bahkan memiliki efek negative pada komputer. Tentu saja, anda tidak ingin membuat masasalah tersebut menjadi lebih buruk, sehingga jika memungkinkan, lakukan back-up terhadapat sistem yang penting atau pada file-file aplikasi.
  5. Check results: jika masalah belum bisa diperbaiki, coba menggunakan solusi lain yang memungkinkan.
  6. Take a proactive approach: Dokumentasikan perubahan yang terjadi ketika anda sedang menyelesaikan permasalahan tersebut. Juga beri tahu pengguna atau pelanggan anda dan dokumentasikan secara internal gejala umum yang terjadi pada masalah-masalah tersebut, dengan harapan jika terjadi lagi di kemudian hari

Ketika mencoba menyelesaikan masalah, anda memiliki beberapa tool/alat untuk membantu memperbaiki masalah, diantaranya:

  • System Information
  • Event Viewer
  • Task Manager
  • Resource Monitor
  • Performance Monitor
  • System Configuration
  • Memory Diagnostics tool
  • Troubleshooting Wizard
  • Boot Menu including Safe mode
  • Windows Repair

Ketika permasalahan terjadi didalam program atau aplikasi Microsoft, anda mungkin akan berhadapan dengan masalah yang anda belum tahu untuk mempperbaikinya. Oleh karena itu, anda dapat meminta rekan kerja dan atau bekerja sama melakukan pencarian informasi di Internet. Situs pencarian popular seperti Google dan Bing dapat anda gunakan. Termasuk didalamnya anda juga dapat menghubungi laman web vendor.

Sumber: Artikel diambil dari buku Microsoft Server Administration Fundamentals.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: