dan terhadap nikmat Tuhan-Mu, maka hendaklah kamu sebarkan.

Microsoft OneNote adalah tool yang bagus anda gunakan untuk membuat catatan dan menyimpan informasi. Tapi kadang-kadang menyimpan informasi pada komputer saja tidak cukup, anda kadang memerlukan untuk disimpan dalam otak anda.

Salah satu cara terbaik untuk mengingat informasi adalah dengan me-review informasi tersebut, lalu anda melakukan test ke diri sendiri terhadap pengetahuan tersebut.

FlashCard adalah tool terbaik untuk melakukannya. Sekarang anda akan mempelajari bagaimana membuat flashcard dengan OneNote.

Ingat! Teknik ini bisa digunakan pada OneNote versi sebelumnya.

Untuk membuat sebuah flashcard, yang harus dilakukan pertama kali adalah anda menuliskan sebuah kata atau kalimat sebagai pengingatnya pada sebuah page notebook anda, lalu masukkan penjelasan atau definisi dari kata pengingat tersebut di bawahnya. anda dapat memberikan perbedaan format antara kata pengingat dengan penjelasannya, misalnya untuk kata pengingat anda berikan format Bold, dan untuk penjelasannya diberikan Italic. Atau format lainnya yang anda sukai. Selanjutnya tempatkan kursor pada bagian awal dari paragrap penjelasannya, lalu klik perintah Indent pada tab Home, group Basic Text.

image

Sebagai contoh, dapat anda lihat pada gambar berikut ini:

  1. Kursor ditempatkan sebelum tulisan Adalah.

image

2. Pada tab Home, group Basic Text, lalu klik indent.

3. Jika anda memiliki 2 paragrap seperti contoh di atas, lakukan langkah kedua pada tulisan sebelum Pada, pada paragrap kedua. (Jika hanya satu paragrap saja yang ada, maka langkah 3 ini tidak perlu dilakukan).

image

4. Selanjutnya gunakan pointer mouse anda mengarah ke kata pengingat dalam contoh ini yaitu Sistem Pencernaan, pada bagian sebelah kiri, akan muncul kotak biru. Lalu klik 2x kotak biru tersebut

image

5. Ketika anda sudah melakukan klik 2x, maka tulisan penjelasan dari kata pengingat akan disembunyikan, sehingga hanya tulisan pengingat saja yang tampil.

image

6. Untuk memunculkan penjelasan dari kata pengingat tersebut, klik 2x kotak birunya kembali.

image

Sekarang anda dapat dengan mudah membuat flashcard dengan OneNote.


Sebagai contoh lain, anda dapat membuat penjelasan dengan gambar.

image

Anda dapat mencobanya sendiri, dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Bedanya tidak menuliskan penjelasan dari kata pengingat tapi memasukkan gambar sebagai pengganti penjelasan.

image

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: