dan terhadap nikmat Tuhan-Mu, maka hendaklah kamu sebarkan.

Format as Table

Untuk membuat data lebih mudah, anda dapat mengatur data dalam sebuah table format pada sebuah worksheet.

Feature ini memudahkan anda untuk melakukan Filter, dengan tambahan untuk menghitung pada kolom dan baris, yang akan menjadikan proses penghitungan lebih mudah.

Selain itu feature ini memungkinkan anda untuk menampilkan Total dari data yang berupa angka, melakukan Sort, dan formattable yang sudah disediakan. Anda dapat menampilkan table yang anda miliki dengan fasilitas-fasilitas tersebut serta dengan tampilan yang professional.

Langkah-langkah:

1. Tempatkan kursor pada sebuah cell dari range data anda. (Ingat, anda juga dapat menghighlight range data anda untuk langkah pertama ini)

2. Pada tab Home, pada group Styles, klik Format as Table, lalu anda pilih table style yang anda inginkan. (Keyboard shortcut: CTRL+L atau CTRL+T)

3. Jika range data yang anda pilih memiliki judul (header) diatasnya, maka anda klik check box My table has headers pada Format as Tabledialog box.

4. Klik OK.

Anda lihat bahwa Table Tools akan muncul ketika kursor berada di dalam range data anda, dan sebuah tab Design. Kita akan bahas lebih lanjut option-option apa yang ada pada tab ini.

Group Properties

Table Name

Anda dapat memberikan nama untuk table anda. Ini akan memudahkan pencarian ketika anda memiliki banyak table dalam workbook anda.

Resize Table

Ini digunakan jika anda ingin menambahkan field dari table yang ada sekarang

Group Tools

Summarize with PivotTable

Jika anda ingin, anda dapat melanjutkan table yang anda miliki sekarang untuk menggunakan feature PivotTable (feature ini akan dibahas terpisah)

Remove Duplicates

Option ini memungkinkan anda untuk mengecek jika ada data record yang sama pada table anda. Sehingga dapat membantu jika ada record yang sama, anda bisa menghilangkannya atau tetap membiarkannya ada pada table tersebut.

Convert to Range

Group External Table Data

Jika anda ingin mengexport data ke sebuah server SharePoint

Group Table Style Options

Header Row

Untuk menampilkan atau tidak menampilkan header dari table.

Total Row

Untuk menampilkan atau tidak menampilkan Total dari table.

Banded Row

Memudahkan anda untuk membaca dan melihat table. Ditampilkan format yang berbeda berdasarkan baris (row)

First Column

Menampilkan format yang berbeda untuk kolom pertama dari table.

Last Column

Menampilkan format yang berbeda untuk kolom terakhir dari table

Banded Column

Memudahkan anda untuk membaca dan melihat table. Ditampilkan format yang berbeda berdasarkan kolom (Column)

Group Table Style

Untuk merubah format dari table anda.

How to: Menggunakan Format as Table

1. Tempatkan kursor pada salah satu cell dari table (atau dapat highlight tablenya)

clip_image002

2. Pada tab Home, group Styles, klik Format as Table, lalu anda pilih salah satu dari format yang disediakan.

clip_image004

3. Akan muncul dialog box dari Format as Table, klik OK.

clip_image006

4. Anda lihat bahwa Table Tools akan muncul ketika kursor berada di dalam range data anda, dan sebuah tab Design.

clip_image008

5. Anda dapat menggunakan option-option yang ada pada tab design tersebut. Sesuai dengan pembahasan dari option-option ini di halaman sebelumnya. Selanjutnya kita akan mencoba untuk menggunakan fasilitas-fasilitas yang disediakan pada Format as Table.

6. Penggunaan fasilitas Sort. Fasilitas ini sudah ada ketika anda menggunakan Format as Table. Klik drop down button dari field yang ingin anda urutkan. Misalkan, mengurutkan data berdasar nama secara ascending (A – Z) atau descending (Z – A). Dalam contoh ini klik Sort A to Z. anda dapat lihat contohnya pada gambar Format as Table 5 dan 6. Dari gambar tersebut dapat anda lihat, table diurutkan dimulai dari huruf A sampai seterusnya. Anda bisa mencoba untuk mengurutkan field-field yang lain.

clip_image010

clip_image011

7. Penggunaan fasilitas Filter. Klik drop down button dari field yang anda inginkan, lalu hilangkan tanda cek pada Select All (pada gambar Format as Table 7), lalu and klik agus (pada gambar Format as Table 9), lalu klik OK. Anda bisa lihat hasilnya pada gambar Format as Table 9. Jika ada sudah selesai dalam menggunakan hasil filter ini, anda dapat menampilkan kembali data seperti sedia kala, dengan klik pada Select All.

clip_image013 clip_image015

clip_image016

8. Penggunaan fasilitas Total. Anda dapat memberikan total dari data yang anda miliki. Sebagai contoh, ingin menjumlahkan data pada field Qty. Pada tab design, klik Total Row. Seperti yang anda bisa lihat pada gambar Format as Table 10 dan 11.

Selain itu juga, tidak hanya fungsi Total yang bisa anda pilih. Pada gambar Format as Table 12, anda bisa menentukan fungsi yg lainnya, dengan menempatkan kursor pada angka total, lalu pilih pada drop down button nya, maka anda dapat memilih fungsi –fungsi lainnya.

clip_image017 clip_image019

clip_image021

9. Selain fasilitas Total, anda juga dapat menampilkan atau tidak menampilkan Header Row, Banded Rows, First Column, Last Column, dan Banded Columns. Silahkan anda mencobanya sendiri. Dan lihat perubahan apa yang terjadi pada table anda.

10. Jika anda sudah selesai dalam mengolah dan menganalisa dari table anda sekarang, anda bisa mengembalikan table anda ke sebuah data biasa. Dengan menggunakan Convert to Range.

clip_image023Tapi harus diperhatikan pula bahwa jika anda sudah menjalankan perintah Convert to Range, anda tidak bisa menggunakan fasilitas Sort, Filter dan Total. Karena tab Design juga dihilangkan. Untuk bisa menggunakan kembali perintah-perintah tersebut, maka table itu harus anda beri Format as table kembali seperti No. 1 di atas.

Berikut adalah cara untuk menggunakan Convert to Range

Pastikan bahwa kursor anda berada dalam table. Pada tab Design, di group Tools, klik Convert to Range. Akan muncul dialog box apakah anda ingin convert table ke normal range, seperti pada gambar Format as table 13. Klik Yes.

clip_image024

11. Maka table anda akan kembali seperti sebelum anda menggunakan Format as Table.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: